Motif Batik Meru Asal Daerah Yogyakarta

Motif Batik - Sedikit sekali informasi mengenai motif batik meru, yang paling umum motif batik ini berasal dari daerah yogyakarta, terkait dengan seperti apa motif dan coraknya, namun yang saya ketahui corak dari motif batik ini seperti tanaman dan dipadu dengan bunga.

Gambar motif batik meru
Motif Batik Meru - Keteranganya (Maknanya, pengertianya, filosofinya dan daerah  asalnya)

Motif Meru

Motif meru, menurut kepercayaan orang Yogyakarta motif ini juga memiliki latar belakang tersendiri yang secara garis besarnya adalah sebagai berikut. Meru berasal dari kata Mahameru, yaitu nama sebuah gunung yang dianggap sakral karena menjadi tempat tinggal atau singgasana bagi Tri Murti yaitu Sang Hyang Wisnu, Sang Hyang Brahma dan Sang Hyang Siwa. Menurut salah seorang informan, di puncak Gunung Mahameru terdapat air keramat yang dinamakan tirta kamandalu, yaitu air yang merupakan sumber kehidupan abadi. 

Demikianlah Tri Murti dilambangkan sebagai sumber dari segala kehidupan, sumber kemakmuran, dan segala kebahagiaan hidup di dunia. Berdasarkan keyakinan seperti di atas maka orang-orang Yogyakarta mewujudkan pandangannya tersebut ke dalam motif batik, dengan harapan agar mendapatkan berkah dari Tri Murti.
Motif meru ini selain dituangkan dalam lukisan batik, biasanya juga digunakan sebagai motif paes (rias) bagi para pengantin wanita adat Yogyakarta.

Contoh motif batik meru atau Tri Murti


Related Posts :
 

Motif Batik Nusantara Indonesia is proudly powered by Blogger.com | Template by Blog Zone